Mengatasi Virus pada Windows

Berikut adalah saran supaya sedikit berkurang rasa kekhawatiran dan efek buruk yang ditimbulkan oleh virus pada sistem operasi windows:

– Jangan pernah gunakan user account sebagai administrator untuk keperluan sehari-hari (administrator hanya digunakan saat kita akan mengubah sistem atau menambah program dalam windows kita.

– Curigai jika laptop kita lebih lambat dari biasanya.

– Liat dan kenali proses yang berjalan pada proses task manager. Tanyakan arti tiap-tiap proses pada prof Google sebelum komputer kita terkena virus. Catat proses tersebut dalam sebuah dokumen. Jadi kita dapat mengenali proses asing yang jalan di komputer kita yang dapat dicurigai sebagai virus. Matikan proses asing tersebut dan jalankan scaning anti virus kita.

– Gunakan anti spyware dan ingat bahwa anti spyware biasanya tidak auto update (lakukan update manual sesering mungkin dan lakukan scanning secara periodis.

– Jangan pernah gabungkan antara data dan sistem dalam satu drive. Jadi kalo system terkena virus data dengan mudah dibackup dan di install ulang systemnya.

– Matikan autorun flashdisk karena berpotensi menularkan virus.

– Hidupkan auto update windows, ini akan membantu update keamanan windows.

– Jangan tergesa-gesa melakukan iinstal ulang. Pergunakan cara yang aku ceritakan di atas untuk kasus serangan virus yang serupa. Untuk serangan virus yang tidak sampai menghapus file explorer bisa dilakukan scanning dengan anti virus yang ada di hardisk. Jika ini gagal maka matikan real time protection antivirus tersebut dan coba scan dari CD dengan antivirus yang dapat berjalan langsung tanpa di install seperti PCMAV,SMADAV..

– Kalau PC akan lebih mudah dengan melepas hardisk dan membuat hardisk tersebut sebagai slave dan di scan dari PC lain.

– Mempunyai dua sistem operasi dalam satu komputer atau laptop juga berguna, satu sistem operasi digunakan hanya pada kondisi darurat untuk melakukan scanning saat sistem operasi lainnya terkena virus.

– Saatnya beralih ke sistem operasi open source karena keamanannya yang lebih terjaga.

Langkah preventif dan kehati-hatian kita akan dapat meminimalkan akibat yang ditimbulkan oleh virus. Mengatasi virus yang sudah menjangkiti komputer kita memang sangat menyita waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: